Strategi Pemasaran
Friday, May 25, 2018
Add Comment
Strategi Pemasaran. Adalah suatu rencana yang disusun untuk mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan. Menurut Kenneth R. Andrews Strategi pemasaran adalah pola keputusan dalam perusahaan yang menentukan dan mengungkapkan sasaran, maksud atau tujuan yang menghasilkan kebijaksanaan utama dan merencanakan untuk mencapai tujuan serta merinci jangkauan bisnis yang akan dikejar oleh perusahaan.
Ada perbedaan tentang Strategi dan taktik, jadi yang dimaksud dengan Strategi adalah penetapan arah keseluruhan dari bisnis yang anda jalankan. Sedangkan Taktik adalah implementasi dari strategi yang menekan pada bagian-bagian tertentudalam kegiatan bisnis.
Dalam Pemasaran dapat diibaratkan sebagai medan tempur/medan perang bagi para produsen dan para pedagang, maka disinilah dibutuhkan dan diterapkan suatu strategi agar target perusahaan bisa tercapai dan tertata rapi dalam menjalankan suatu bisnis.
Oleh sebab itu suatu perusahaan diperlukan strategi, maka anda bisa menerapkan Grand Strategy atau Strategi Besar dan Core Strategy atau strategi inti. Jika Grand Strategy ii dapat dijalankan dengan benar, maka harapannya adalah kegiatan suatu perusahaan dapat diarahkan untuk mencapai suatu tujuan yang telah di rencanakan.
Dari pengertian strategi pemasaran, ada 2 Variabel besar dalam strategi pemasaran yaitu Variabel dapat dikontrol dan variabel tidak dapat dikontrol.
Apa saja varibel itu, mari kita bahas secara singkat dan jelas.
1. Variabel Tidak Dapat dikontrol
a. Kondisi Persaingan
Suatu kesulitan bagi perusahaan atau seorang pengusaha untuk menduga kapan saingan baru akan muncul. Oleh karenanya pengusaha harus selalu memperbaiki produk atau pelayanan dalam usahanya. Pengusaha tidak boleh tinggal diam karena tidak ada sama sekali pesaing baru, prinsip memperbaiki kualitas mutu adalah suatu kegiatan yang harus selalu diperhatikan agar usaha yang dijalankan benar-benar berkualitas tinggi.
b. Perkembangan Teknologi
Seorang pengusaha harus mampu memperbaiki proses produksi karena perkembangan teknologi sulit untuk diduga dan semakin canggih. perkembangan teknologi sangatlah cepat tidak dapat diduga-duga, untuk dapat mengatasi hal semacam ini, pengusaha harus mencoba menggunakan teknologi baru yang canggih dari pesaing yang lainnya. Tetapi jika ingin menggunakan teknologi terbaru dan cangih anda harus mempersiapkan dengan penuh percaya diri dan matang, karena setiap tindakan pasti ada resikonya.
c. Kebijakan Politik dan Ekonomi
Perubahan-perubahan peraturan pemerintah dalam bidang ekonomi, berupa naik turunnya suku bunga, pembatasan kredit, politik moneter ataupun perubahan-perubahan politik. hal ini dapat mempengaruhi jalannya suatu bisnis yang anda jalankan dan perubah ini tidak dapat diduga-duga.
Dari penjelasan variabel diatas dapat di anggap variabel yang tidak dapat di kontrol, tetapi dalam beberapa aspek sebenarnya dapt diramalkan oleh para pelaku bisnis berdasarkan pengalaman yang mereka miliki.
2. Variabel Dapat diKontrol
a. Market Segmentation
Dalam kebijaksanaan pemasaran, pengusaha harus menetapkan strategi arah sasaran dan pemasaran. Apakah sasaran pemasarannya ditujukan keseluruh masyarakat, atau hanya menetapkan segmen pasar tertentu saja.
Kedua jenis strategi ini memiliki kelebihan dan kelemahan. Pengusaha yang mengarahkan strategi ingin menguasai seluruh segmen pasar, jika dia berhasil maka hasilnya akan mendapat keuntungan yang sangat besar, karena penjualannya banyak.
b. Marketing Budget
Strategi penetapan jumlah dana untuk kegiatan marketing sangat mempengaruhi keberhasilan suatu usaha pemasaran. Pada umumnya jika dana bertambah untuk kegiatan marketing maka jumlah penjualan akan meningkat.
c. Timing
Pengusaha harus menjaga waktu, kapan harus mulai melancarkan pemasran barang-barangnya atau kapan sebuah toko harus dibuka. Jika sebuah toko mulai dibuka pada hari-hati dimana orang akan berpuasa, maka ini strategi yang kurang bijaksana.
d. Marketing Mix
Merupakan strategi mancampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi yang maksimal sehingga dapat mendatangkan hasil yang sangat memuaskan. ada 4 komponen yang tercakup dalam kegiatan marketing mix yang biasa di kenal dengan 4P.
Berikut yang dimaksud dengan 4P,
silakan klik dibawah untuk mengetahui 4P
0 Response to "Strategi Pemasaran"
Post a Comment