4P Marketing Mix
Friday, May 25, 2018
Add Comment
4P Marketing Mix. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, marketing mix merupakan strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan.
Apa saja komponen 4P dalam marketing mix ini, di antaranya adalah :
1. Product
2. Price
3.Place / Distribution
4. Promotion
Dari komponen-komponen 4P marketing di atas mari kita bahas secara detail pengertiannya secara umum.
1. Product
Product merupakan titik sentral dari kegiatan marketing. Produk ini dapat berupa barang atau jasa. Jika tidak memiliki produk tidak akan ada pemindahan hak milik maka tidak akan terjadi marketing atau jual beli. Satu hal yang harus diingat oleh pengusaha adalah bagaimana caranya promosi, distribusi dan price, jika tidak diikuti dengan produk yang berkualiats tinggi dengan kebijakan mutu yang bagus, di senangi oleh konsumen, maka usaha marketing mix ini tidak akan berhasil. Oleh sebab itu perlu dikaji oleh seorang pengusaha, produk apa yang akan dipasarkan dan bagaimana selera konsumen jaman sekarang ini.
Oleh sebab itu produk yang dihasilkan harus mempertimbangkan model, rupa, ciri-ciri istimewa, atribut dari produk tersebut dan label produk tersebut.
2.Price
Masalah kebijakan harga adalah turut menentukan keberhasilan pamasaran produk, kebijakan harga dapat dilakukan pada setiaptingkatan distribusi, seperti oleh produsen, grosir dan retailer (pedagang eceran).
Dengan ditetapkannya harga yang seragam untuk konsumen, maka dapat dihitung dangan harga pabrik, dengan memberikan persentase keuntungan bagi masing-masing departement terkait.
3. Place / Distribution
Sebelum produsen memasarkan produknya, maka sudah dilakukan dan sudah ada perencanaan tentang pola distribusiyang akan dilakukan. Disini sangat penting sekali perantara dan pemilihan saluran distribusinya. Perantara ini sangat penting karena dalam segala hal mereka langsung berhubungan dengan konsumen.
4. Promotion
Promosi dizaman pemasaran modern ini tidak dapat di anggap enteng dan diabaikan. Promosi ini sangat berkembang pada masa "selling concept"dimana produsen sangat mengandalkan, sangat memberi harapan tinggi akan meningkatnya penjualan dangan menggunakan sarana Promosi.
Antara promosi dan produk tidak dapat dipisahkan, ini adalah pasangan yang saling bersangkutanuntuk menuju kesuksesan pemasaran. Disini harus ada keseimbangan, produk baik, sesuai dengan selera konsumen dan di ikuti dengan teknik promosiyang tepat akan sangat membantu suksesnya usaha marketing.
Marketing Mix harus seimbang, dalam melaksanakan marketing mix secara umum haruslah diusahakan dalam keadaan yang seimbang. (dilakukan dalam keseimbangan yang sebaik mungkin).
misalnya seperti diadakan advertisi secara besar-besaran tanpa usaha memperbaiki kualitas produknya, maka hasil yang akan dicapai kurang maksimal.
0 Response to "4P Marketing Mix"
Post a Comment