iklan link

Bayi Aktif Tanda Cerdas

Bayi Aktif Tanda Cerdas. Memiliki anak cerdas adalah impian semua orang tua, oleh karena itu kita sebagai orang tua harus pandai dalam mendidik anak dan memperhatikan segala yang dilakukannya. Segala upaya dan stimulasi diberikan buat si Kecil agar menjadi anak yang sehat dan cerdas.

ciri bayi cerdas usia 3 bulan, ciri ciri bayi sehat usia 0-3 bulan, ciri ciri bayi cerdas usia 9 bulan, ciri bayi cerdas usia 6 bulan, ciri bayi cerdas usia 11 bulan, ciri bayi cerdas usia 2 bulan, bayi over aktif, ciri ciri bayi aktif, ciri bayi cerdas usia 6 bulan, agar bayi aktif dan lincah, bayi aktif bergerak usia 8 bulan, ciri ciri bayi cerdas usia 9 bulan, cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi, bayi aktif bergerak saat menyusu
sumber gambar: www.ceriaanak.com

Anak yang sehat dan cerdas dapat dikenali dari tahap tumbuh kembangnya, sehingga ketika Ibu mengasuh si Kecil, Ibu dapat menyesuaikan dan menstimulasinya berdasarkan tahapan usia.

Agar si Kecil sehat dan cerdas, Ibu perlu memerhatikan dan memenuhi faktor fisik si Kecil, seperti sandang (pakaian yang pantas dan bersih), pangan (nutrisi), papan (rumah yang layak untuk berteduh), kesehatan yang baik, telinga dan mata yang sehat, serta faktor psikologisnya, misalnya kehangatan keluarga, kesempatan bermain, figur, keamanan, dan lain-lain.

berbagai stimulasi dapat Ibu lakukan untuk meningkatkan perkembangan si Kecil, misalnya memijat tubuh mungilnya dengan lembut, selalu mengajaknya berbicara, senantiasa berinteraksi dengan si Kecil, merespons sinyal yang diberikan si Kecil, melibatkan si Kecil dalam aktivitas Ibu, membacakan cerita dan dongeng, mengajarinya menggambar, bermain puzzle, boneka, dan lain-lain, memberikan kebebasan untuk bereksplorasi, memberikan kesempatan padanya untuk melakukan perubahan, memberinya mainan edukasi sesuai usia, ciptakan lingkungan yang mendorongnya untuk belajar, hindari stimulasi berlebihan dan suara berisik, dan lain-lain.

Untuk memberikan stimulasi perkembangan pada si Kecil, ada 4 area yang harus dinilai, yaitu motorik kasar, motorik halus, kemampuan bahasa, serta kemampuan sosial dan kehidupan harian. 

Kemampuan motorik meliputi pergerakan otot-otot besar, misalnya berjalan, berenang, berguling, memanjat, dan bersepeda, sedangkan kemampuan motorik halus adalah kemampuan si Kecil melakukan gerakan otot-otot kecil, misalnya menggenggam, melepaskan, menggambar, dan berbicara dengan jelas. Kemampuan berbahasa diketahui melalui kemampuannya memahami pembicaraan, mampu mengutarakan keinganan dan pendapat, serta mampu berbahasa dan berbicara dengan lingkungannya, sementara kemampuan sosial dan kehidupan harian meliputi bagaimana si Kecil berinteraksi dengan orang dewasa dan sebayanya, serta bagaimana si Kecil mampu makan, berpakaian, mencuci, dan menggunakan toilet secara mandiri.

0 Response to "Bayi Aktif Tanda Cerdas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel