iklan link

Kenali Tipe Konsumen dan Cara Menanganinya

Kenali Tipe Konsumen dan Cara Menanganinya. Setiap bisnis terutama dalam bidang perdagangan atau retail akan berhubungan langsung dengan konsumen, ada beberapa tipe konsumen dengan segala sifatnya. Dalam melakukan pelayanan maksimal saja belum tentu mendapatkan hasil yang maksimal apa lagi dengan pelayanan yang apa adanya tanpa strategi.

Kenali Tipe Konsumen dan Cara Menanganinya, bangun kelir, cara menghadapi konsumen, mengenal tipe konsumen, melayani konsumen dengan baik, ciri-ciri konsumen, tips dan trik menghadapi konsumen, sikap menghadapi konsumen, cara menghadapi konsumen cerewet, cara menghadapi konsumen bawel, cara agar konsumen mengerti, cara menghadapi konsumen yang cerewet, cara menghadapi pelanggan yang intelektual, 9 tipe pelanggan, cara menghadapi nasabah, cara menghadapi nasabah yang rewel, cara menghadapi pelanggan yang sopan dan terhormat, cara menghadapi klien yang cerewet, 10 tipe konsumen, Navigasi Halaman, solusi menghadapi konsumen paling bawel
sumber gambar: www.wolipop.detik.com
"Cara menghadapi konsumen,
cara menangani konsumen dengan baik".

Ada beberapa cara untuk mengetahui tipe-tipe konsumen, sebelum melakukan transaksi pembelian hal yang utama adalah melakukan pendekatan kepada calon pembeli anda bisa sedikit bicara seperti perkenalan atau mengenalkan produk, disitu anda bisa mengetahui sedikit tentang tipe calon pembeli tersebut.

Jika anda sudah memahai karakter konsumen, Anda bisa mengambil sikap dan tindakan untuk melayani konsumen. Berikut ini ada beberapa tipe-tipe konsumen dan cara melayani atau menanganinya:

1. Tipe Konsumen Pendiam
Konsumen tipe ini biasanya tidak banyak bicara, jika tidak mendapatkan pancingan dari lawan bicaranya maka mereka tidak akan berbicara. Less talk more action, bisa dikatakan semboyan untuk konsumen tipe ini.

  1. Anda harus menyiapkan mental untuk lebih banyak bicara daripada mendengar.
  2. Memulai pembicaraan dengan hal-hal yang ringan.
  3. Anda bisa memulainya dengan membicarakan hobi, keluarga dan sebagainya.
2. Tipe Konsumen Cerewet
Konsumen tipe ini akan sangat aktif bicara, mereka sangat mudah diajak komunikasi dengan lawan biacaranya dengan gaya bicara yang terlihat santai dan akrab. Tetapi terkadang pembicaraan mereka berlebihan tetapi itu termasuk tipe konsumen cerewet atau bawel.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk berkomunikasi dengan tipe ini yaitu:
  1. Coba untuk menjadi pendengar dan biarkan konsumen anda berbicara.
  2. Ikuti alur mereka sampai pada tahap tertentu.
  3. Kemudian belokkan alur pembicaraan sesuai keinginan Anda.
  4. Jangan ragu mengatakan, “Bolehkah saya berbicara sekarang?”
3. Tipe Konsumen Arogan
Arogan merupakan salah satu tipe konsumen yang sulit menerima pendapat orang lain dan selalu menganggap pendapatnyalah yang paling benar. Jika Anda tidak mengenal karakter ini, jangan menyalahkan diri Anda jika presentasi Anda selalu gagal. Konsumen arogan merasa tahu segala hal, termasuk produk Anda sekalipun. Dan dalam menghadapinya, Anda harus sabar dan tidak boleh tersinggung sama sekali.

Cara menghadapi konsumen seperti ini adalah:
  1. Beri mereka kesempatan untuk memahami produk Anda sesuai keinginannya.
  2. Anda bisa memberikan informasi mengenai  produk Anda lewat brosur atau melihat produk sendiri.
  3. Jangan coba-coba menganggu “kesendiriannya” jika tidak ingin mendapatkan cacian.
  4. Anda hanya bisa bertanya, “Apakah Anda sudah jelas tentang produk kami?” atau pertanyaan lain yang sejenis.
  5. Tipe seperti ini sangat senang dipuji, leh karena itu pujilah mereka dengan sopan dan proporsional.
4. Tipe Konsumen Sombong
Sombong dan arogan memiliki arti yang sedikit mirip, tetapi dalam hal ini sombong bisa di artikan sebagai seseorang yang bangga dangan dirinya, suka banyak bicara dan sering pamer kemampuan yang dimilikinya.

Cara menghadapi tipe konsumen seperti ini:
  1. Biarkan mereka bicara sesuka hatinya
  2. Memberi kesan seolah-olah anda menyetujui semua pendapat mereka. Misalnya dengan mengatakan “Anda benar”, “Saya setuju dengan Anda”, dan pernyataan lain sejenisnya.
  3. Pujilah sesuatu yang mereka banggakan.
  4. Rayu konsumen Anda untuk menggunakan produk Anda berdasarkan pembicaraan mereka sendiri. Contohnya, “ Kalau kamu mampu beli barang yang sangat ewah, kamu pasti mau beli produk kami"!
5. Tipe Konsumen Hemat
Orang hemat adalah orang yang terlalu memperhitungkan untung rugi dan memanfaatkan setiap hal yang akan dibelinya. Konsumen ini memang harus memperhitungkan seberapa besar manfaat yang akan diperoleh jika membeli sesuatu. Namun, tipe hemat cenderung berlebihan. Mereka sangat detail dan tidak akan melewatkan satu pun perhitungannya.

Tips dan trik menghadapinya:
  1. Siapkan data dan hitung-hitungan setiap produk secara lengkap
  2. Sampaikan manfaat dan fungsi setiap produk kepada konsumen
  3. Jangan pernah mengabaikan perhitungan produk, bahkan perhitungan paling sepele sekali pun.
  4. Jangan pernah mengabaikan manfaat dan fungsi produk, bahkan manfaat yang paling minor sekali pun.
6. Tipe Konsumen Pembanding
Tipe pembanding adalah konsumen yang sangat paham akan produk yang Anda tawarkan. Bisa jadi konsumen tipe ini justru lebih menguasai produk Anda bahkan produk kompetitor, jika Anda tidak benar-benar mempelajari produk. Untuk itu Anda harus menguasai produk sendiri dan produk pesaing dalam menghadapi konsumen bertipe pembanding.

Tipe ini selalu membandingkan produk kompetitor, anda harus pintar-pintar dalam biacara agar tidak masuk ke dalam perangkapnya yang dapat menibulkan dampak negatif.

Tips dan trik menghadapai konsumen tipe ini:
  1. Kuasai produk semaksimal mungkin dan ilmu presentasi agar mampu meyakinkan tipe pembanding.
  2. Pelajari produk-produk sejenis kompetitor.
  3. Jangan pernah bersedia masuk ke dalam jebakan membanding-bandingkan produk tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan.
  4. Untuk menghadapi tipe ini, jika Anda belum paham betul, sebaiknya mengajak serta rekan kerja senior Anda.

0 Response to "Kenali Tipe Konsumen dan Cara Menanganinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel