Pengertian Permintaan Konsumen
Friday, January 11, 2019
Add Comment
Pengertian Permintaan Konsumen. Dalam suatu perdagangan atau bisnis retail para pebisnis atau pelaku usaha harus mengetahui bagaimana caranya agar permintaan konsumen dapat terpenuhi, dengan cara menawarkan produk yang bekualitas dan harga yang sangat terjangkau.
sumber gambar: www.marketingkita.com
"Menaikan sales dengan permintaan konsumen,
permintaan konsumen penyebab sales naik".
Permintaan adalah jumlah kesatuan barang yang di sediakan penjual dan akan di beli oleh calon pembeli dengan berbagai macam-macam barang dan harga. Penentuan harga jual dilakukan dengan melihat harga jual di pasar.
Dilihat dari segi kemampuan atau daya beli konsumen, maka permintaan dapat dibagi atas permintaan potensial dan permintaan efektif. Apa yang dimaksud dengan permintaan potensial dan permintaan efektif? simak berikut penjelasan nya.
1. Permintaan Potensial
Permintaan ini hanya menunjukan intensitas kebutuhan seseorang akan guna sesuatu barang tanpa disertai daya beli, permintaan ini tidak akan membentuk harga pasar ataupun kegiatan jual beli.
2. Permintaan Efektif
Permintaan ini selain hanya menunjukan adanya intensitas kebutuhan tetapi disertai juga dengan daya beli, jadi permintaan jenis ini yang akan ikut serta dalam proses pembentukan harga pasar dan terlaksananya jual beli.
Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah barang yang diminta antara lain adalah:
- Harga barang yang diminta
- Harga barang-barang substitusi (pengganti)
- Harga barang-barang komplementer (pelengkap)
- Pendapatan konsumen
- Selera konsumen
Dari faktor-faktor diatas dapat disimpulkan bahwa naik turunnya harga barang yang diminta drhubungan dengan naik turunnya harga dinyatakan dalam suatu hukum yang disebut "Hukum Permintaan", seperti ini
"Bila harga suatu barang turun, maka jumlah barang yang diminta lebih banyak. Semakin tinggi harga maka akan semakin sedikit jumlah barang yang diminta".
0 Response to "Pengertian Permintaan Konsumen"
Post a Comment