iklan link

Pengertian CPU "Central Processing Unit" Komputer

Pengertian CPU "Central Processing Unit" Komputer. Hampir semua orang tahu dan mengenali komputer, serta paham cara mengoprasikan atau menggunakannya. Tetapi mungkin diantara orang-orang tersebut belum begitu paham material-material atau sistem kerja perangkat komputer itu sendiri. Contohnya seperti CPU, oleh karena itu alangkah lebih bijaksana apabila kita tahu, paham dan mengerti mengenai perangkat kerja komputer khususnya ” Central Processing Unit” (  CPU ).

Pengertian CPU "Central Processing Unit" Komputer, fungsi cpu, pengertian cpu komputer, pengertian cpu dan komponennya, pengertian cpu dan contohnya, pengertian dan fungsi komponen cpu, jenis cpu, bagian bagian cpu, fungsi cpu cooler dalam komputer adalah, pengertian motherboard, pengertian ram.
sumber gambar: www.google.com/search
"pengertian cpu, fungsi cpu"

Central Processing Unit ( CPU ), jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti “Unit Pengolahan Pusat”, yang merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi program. Di dalam CPU terdapat berbagai macam perangkat keras yang diperlukan untuk menjalankan komputer. Dengan penjelasan perangkat yang ada di dalam CPU nantinya diharapkan pembaca dapat mengetahui tidak hanya bisa menggunakan komputer tetapi juga paham cara kerja dari CPU tersebut.

Mengerti dan paham terhadap cara kerja perangkat komputer (CPU) akan mempermudah user memperbaiki CPU ketika sewaktu-waktu mengalami masalah atau kendala pada saat pengoprasian komputer. Selain daripada itu, maintenance akan terasa lebih mudah karena user sudah paham dan mengerti perangkat yang terdapat pada CPU.

Central Processing Unit (CPU) biasanya juga disebut prosessor. Dalam sistem komputer perangkat ini berperan sangat penting, CPU ini dikenal sebagai otak komputer yang mampu menjalankan perintah user dalam pengoprasiannya. CPU adalah alat sebagai mesin proses data, lain halnya dengan komponen pengingat atau lebih dikenal dengan memori. Fungsi pengingat ditangani oleh memori, contoh prosesor yang saat ini populer seperti core I3, core I5, core I7 dan lain sebagainya.

Baca juga Komponen dan fungsi CPU disini.

Unit kontrol berfungsi mengendalikan seluruh perangkat dalam sistem komputer. Hal ini dapat dianalogikan dengan otak manusia yang mengontrol seluruh saraf dalam tubuh sehingga seluruh anggota tubuh dapat digerakkan di dasarkan pada instruksi yang terdapat pada program komputer. Setiap instruksi diterjemahkan ke dalam bentuk tindakan yang sesuai dengan dimaksud instruksi bersangkutan.

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

0 Response to "Pengertian CPU "Central Processing Unit" Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel